Kamis, 16 Desember 2010

Tugas Dasar Epidemiologi “Pengantar Wabah / KLB”

1.      Apa saja kriteria suatu kejadian penyakit dikatakan wabah atau KLB ?
Suatu penyakit atau keracunan dapat dikatakan KLB apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
a)      Timbulnya suatu penyakit/penyakit menular yang sebelumnya tidak ada/tidak dikenal.
b)      Peningkatan kejadian penyakit/kematian terus-menerus selama 3 kurun waktu berturut-turut menurut jenis penyakitnya (jam, hari, minggu, bulan, tahun).
c)      Peningkatan kejadian penyakit/kematian, dua kali atau lebih dibandingkan dengan periode sebelumnya (hari, minggu, bulan, tahun).
d)     Jumlah penderita baru dalam satu bulan menunjukkan kenaikan dua kali lipat atau lebih bila dibandingkan dengan angka rata-rata perbulan dalam tahun sebelumnya.
e)      Angka rata-rata per bulan selama satu tahun menunjukkan kenaikan dua kali lipat atau lebih dibandingkan dengan angka rata-rata per bulan dari tahun sebelumnya.
f)      Case Fatality Rate (CFR) dari suatu penyakit dalam suatu kurun waktu tertentu menunjukkan kenaikan 50% atau lebih dibanding dengan CFR dari periode sebelumnya.
g)      Propotional rate (PR) penderita baru dari suatu periode tertentu menunjukkan kenaikan dua kali atau lebih dibanding periode yang sama dan kurun waktu atau tahun sebelumnya.
h)      Beberapa penyakit khusus : kolera, DHF/DSS
i)        Beberapa penyakit yang dialami 1 atau lebih penderita :
a.       Keracunan makanan
b.      Keracunan pestisida

2.   Apa yang dimaksud dengan Herd Immunity ?
Heard immunity adalah pertahanan kelompok / pertahanan sekelompok masyarakat terhadap masuknya dan menyebarnya agen infeksi, karena sebagian besar anggota kelompok tersebut memiliki daya tahan terhadap infeksi yang berbeda –beda. Kekebalan kelompok diakibatkan oleh menurunnya peluang penularan bibit penyakit dari penderita yang terinfeksi kepada orang sehat yang rentan bila sebagian besar anggota kelompok tersebut memiliki ketahanan yang tunggi terhadap penyakit itu. Herd Immunity bias dikatakan jika bahwa antara masyarkat yang kebal dan tidak kebal terhadap suatu penyakit tidak mengelompok sendiri-sendiri sehingga penyebaran penyakit bias menurun dalam suatu kelompok tertentu.
Teori Herd immunity menyatakan bahwa, dalam penyakit menular yang ditularkan dari individu ke individu, rantai infeksi mungkin akan terganggu ketika sejumlah besar populasi kebal terhadap penyakit. Semakin besar proporsi individu yang kebal, semakin kecil kemungkinan bahwa individu rentan akan datang ke dalam kontak dengan individu menular.

3.      Pencegahan KLB :
a.       Penanggulangan sumber pathogen
-          Singkirkan sumber kontaminasi
-          Hindarkan orang dari paparan
-          Inactivasi / neutralisasi pathogen
-          Isolasi dan atau obati orang yang terinfeksi
b.      Memutus rantai penularan
-          Memutus sumber lingkungan
-          Penanggulangan transmisi vektor
-          Tingkatkan sanitasi perorangan
c.       Modifikasi respon penjamu
-          Imunisasi kelompok rentan
-          Pemakaian chemotherapy pencegahan

Nama : Retno Andiyani
NIM   : E2A009065/reg 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar